Hidup Sehat Sejak Muda


bannerbannerz79

 

Hidup sehat sebenarnya so simple, lhoh. Beneran deh. Tapi kebanyakan orang suka hidup yang nggak sehat. Ya dikiranya udah sehat gitu kali ya. Saya sendiri sudah lama bergaya hidup sehat, karena pada dasarnya saya terinspirasi papa saya yang notabene orang bergaya hidup sehat, dan juga mama saya yang hobi utak utik dapur dengan segudang resep yang ribet.. Hahhaa.

Jadi, ini beberapa gaya hidup saya:

1. Pensiun makan mie instan dan minum soda

Saya tuh kalau makan mie instan rasanya ngeliat aja udah eneg. Kenapa? karena kebayang penyakitnya. dan saya juga sewot kalau saudara saya masak mie instan, pasti saya hina dina. Hahhaha. Minum soda? wah it’s so yesterday ! Saya udah nggak lagi-lagi minum itu, kalau minum rasanya kembung-kembung gimana. Bagaimana caranya agar eneg dan meninggalkannya? Banyak-banyak baca kandungan negatif di dalamnya, lalu, juga kalau pas kepengen makan mie instan atau minum soda, ganti makanan dan minuman lain. Kalau udah kenyang, jamin udah gak kepingin lagi.

2. Banyak minum air putih

Intinya saya membatasi diri minum, kalau bukan air putih, ya minum jus. Minum air putih itu selain bikin langsing juga baik untuk tubuh. Kalau jus, ya karena buah, kan bagus ya. Teh dan kopi cenderung saya hindari, kalau bukan karena terpaksa minum, atau karena ya sesekali saja. Kalau teh ya masih kadang-kadang. Minum kopi juga kadang-kadang, tapi setelah minum itu, langsung minum air putih yang banyak untuk mengencerkan.

3. Hindari minyak goreng/makanan yang digoreng

Mama saya adalah orang yang kolestrolan, maka selalu menghindari makanan yang digoreng. Menggoreng pun selalu pakai sedikit minyak, sehingga langsung habis dan bukannya minyak bekas dipakai berkali-kali.

4. Hindari makanan bersantan

Nah makanan bersantan ini emang sedap banget ya. Saya sendiri kadang nggak demen kalo resep masakan yang nggak bersantan, eh terus dimasak tanpa santan. Tapi inilah kekonsistenan ya. Masak masakan bersantan tapi dimasak tanpa santan juga enak lhoh.

5. Usahakan masakan homemade

Nah, kalau pergi-pergi, biasakan bawa makanan sendiri. Saya ya dari sejak jaman SMP demen bawa makanan sendiri, selain karena higienis, juga lebih enak, bisa milih lauk sendiri. Makanan homemade ini juga termasuk misalnya bikin sendiri susu kedelai, jus, dll. Bikin sendiri lebih bersih lho. Pernah liat ulat-ulat di dalam alpukat? coba pikir, emang di tukang buah itu bakalan dibersihkan? Ya mungkin enggak dong, tapi langsung diblender. Hiiii…

6. Olahraga

Bagi orang sibuk, olahraga mungkin enggak sempet, ya. Tapi, usahakan coba beberapa menit aja untuk olahraga tiap pagi dan sore. olahraga simpel aja, pemanasan , main hulahop, main lompat tali. Kalau punya waktu lebih, main sepeda, atau joging, atau berenang.

 

7. Jangan begadang

Iya,,, jangan begadang. (lah saya ini apa sekarang kalau bukan begadang? hahha. LOL). Intinya begadang sebenernya nggak baik sih, maksimal ya batasi dong. Bangun pagi lebih baik.

 

8. BAB setiap hari

Nah lho ini sepertinya sepele, tapi BAB itu harusnya setiap hari dong. Karena apa? Penuh kali perutnya diisi mulu tapi nggak dikeluarin. Kalau susah BAB, biasanya karena usus besarnya lemah, makanya harus sering olahraga. Minum air putih yang banyak tiap pagi habis bangun dan juga makan buah-buahan yang banyak. Usahakan BAB pokoknya. Racun kok disimpan…

 

9. Makan buah dan sayur

Buah dan sayur ini bagus banget lhoh buat tubuh. Mamaku yang suka ngejus raw-fruit itu dibilang awet muda sama orang. Sayur juga sebaiknya dimakan mentah, seperti salad, lotek, pecel, karedok, dll. Ya emang agak agak hambar sih tapi sehat.

 

Mungkin itu dulu ya waktunya mau habisss…

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan” di akhir postingan blog.

Iklan