Untung Ada Dana Desa!


Saya tahu sih dalam hal infrastruktur Indonesia itu masih kalah jauh. Terlebih Indonesia konturnya berbukit, lalu ada berpulau-pulau, yang mana jembatan, jalan, saluran air itu sangat perlu. Tapi banyak yang tidak tersedia. Seperti misalnya jembatan saja ‘disumbang’ oleh Toni Ruttiman, seseorang WNA yang dengan baik hati mendesainkan jembatan untuk desa-desa di Indonesia.

Baru-baru ini saya mengunjungi sebuah desa yang terletak di puncak gunung, dengan jalan berbukit, berbatu, dan mengerikan, kalau hujan licin soalnya. Dan rupanya jalan itu baru ada tahun ini karena dibuat dengan dana desa. img_20161020_122721

Kebayang kan, lokasi di puncak gunung, lalu, jalannya dulu itu cuman tanah. Kalau kata kepala desa, untung ada dana desa, jadi bisa membangun jalan seperti ini. Oh ya sebenarnya saya hendak upload video tapi tidak bisa, jadi silakan cek instagram saya saja ya di sini. Di situ saya upload video jalan rabat beton desa ini. Harapannya semoga dana desa bisa dikelola dengan baik untuk kebutuhan-kebutuhan infrastruktur seperti ini.

Oh ya ada satu cerita juga tentang pembangunan kamar mandi, karena di Gorontalo itu namanya toilet sangat amat jarang orang punya atau merasa butuh, maka desa pun membangun toilet . Akan tetapi, karena toilet ini untuk bersama, maka masyarakat saling iri, dan mengunci toilet itu, jika toilet berdiri di lahan rumahnya. Saya masih belum tahu nih solusi mengenai hal itu bagaimana, karena dana desa itu kan dibangun tidak boleh untuk pribadi (jadi harus untuk sama-sama).

Tinggalkan Balasan

