Refleksi 3 Idiots


Mungkin sudah agak terlambat kalau menonton film ini.. Yah, akhirnya dapat juga donlotannya tapi perlu bersusah payah donlot (halah. bilang aja mintak donlotan temen, wekekekke). 😛

farhan-rancho-raju

farhan-rancho-raju

Cerita film ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Orang dianggap sukses kalau punya ijazah, kalau punya harta, dan yang lebih ekstrim, orang dianggap sukses dan terpandang kalau dia itu insinyur. Maka, berlomba-lombalah orang untuk masuk ICE (imperial college of engineering).
Cerita dibuka dengan adegan pesawat lepas landas, di mana Farhan (diperankan Madhavan) menerima telpon, lalu pura-pura sakit dan pingsan. Maka, pramugrai panik dan pesawat mendarat darurat. Farhan segera cari taksi dan Ia segera telpon Raju (Sharman Joshi) yang baru bangun tidur. Mereka segera menuju atap college mereka dan bertemulah dengan Chatur aka. Silencer ( Omi Vaidya). Karena kecewa cuma ada Chatur, mereka bertiga mencari Rancho (Aamir Khan). Maka, sepanjang perjalanan dalam mobil, film ini dengan alur flash-back menceritakan masa-masa selama di ICE.

Kisah dibuka dengan diterimanya Farhan di ICE, dan sekamar dengan Raju. Satu orang lagi yang sekamar adalah Rancho. Mereka baru tau Rancho ketika ospek fakultas yang berbau kekerasan. Saat itu, para mahasiswa disuruh telanjang dan pantatnya dicap. Rancho datang tiba-tiba dengan muka innocent, dan langsung masuk kamar. Ia juga sempat mengerjai seniornya yang memaksanya telanjang tadi.

Dalam film ini, dikenal sang rektor, Viru Sahastrabudhhi atau disebut Virus (Boman Irani). Virus adalah orang yg sangat kompetitif dan sangat hemat waktu. Pada pertemuan dengan mahasiswa baru, ia mengatakan bahwa manusia sangat kompetitif, di dunia yang tidak cepat akan tersingkir. Dia pun bercerita anak laki-lakinya sudah mendaftar 3 kali di ICE tidak keterima juga. Virus menunjukkan bolpen yang khusus untuk di luar angkasa, barang siapa yang dianggapnya jenius, bolpen itu akan diwariskan pada mahasiswa tersebut.

Demikianlah, kisah mengalir dengan jenaka dan menggugah. Ada-ada saja kelucuan tingkah mereka! Menurutku, yang paling lucu adalah saat Chatur disuruh pidato di hadapan menteri pendidikan dan rektor. Karena pidatonya menggunakan bahasa india murni, maka ada arti kata yang tidak dipahami oleh Chatur sendiri, sehingga ia minta bantuan juru pustaka. Tapi sayangnya, isi pidatonya telah diganti oleh Rancho. Bisa dibayangkan betapa lucunya pidatonya!

Ada juga sih kejadian sedih. Misalnya waktu kakak angkatan mereka, Joy, mati bunuh diri gara-gara hasil karyannya dilecehkan. Selain itu, waktu Raju nekat loncat dari ruang rektor. Gara-garanya, dia dipaksa oleh rektor untuk menjadi saksi mengeluarkan Rancho dari college.

Dan banyak lagi kejadian lucu, menggemaskan, menggelitik,dan menyadarkanku tentunya.

Quote-quote yang sering diulang-ulang, adalah “Aal izz Well”. QUote ini pun yang menurutku secara aneh membuat bayi yang baru lahir awalnya tidak menangis, menjadi menangis..

Selain itu, kata-kata Rancho yg lain, “Whatever the problem in life is, just say to yourself ‘All is Well’. This won’t solve your problems but it will give the courage to face it.”

“Chase Excellence and success will follow.” Ini waktu dia menasihati temen-temennya, agar jangan mengejar ijazah saja.

“Life is not about getting marks or grades but chasing your dreams.” Ini juga sama intinya , sama yang di atas..

“this is a college, not a pressure cooker,” ini katanya pada Virus, saat Rancho dipaksa mengajar di kelas.

Sungguh film yang menggugah! Sangat menginspirasi. Nggak ada bosennya menonton film ini. Sepanjang film bagus, dan ada aja surprise untuk tiap adegan. Ada juga sih yang aneh, seperti yang aku bilang tentang bayi tadi itu.. tapi overall, bagus banget. Emang ada nyanyi-nyanyi khas film India, tapi nggak mengurangi keasyikan menonton film!

 

(Tulisan lama yang ternyata masih ada di draft dan lupa diposting!)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s