Cinta yang Manis (Book Review)


Kalau suka membaca Metropop, pasti bakalan suka sama kumpulan cerpen yang satu ini. Kumpulan cerpen ini diisi oleh penulis-penulis Metropop yang karyanya sudah kita kenal, contohnya Ilana Tan, Ika Natassa, Alia Zalea, Christina Juswar, dan beberapa editor Gramedia sendiri yang tentunya karyanya tak kalah menarik!


autumn once more

Judul buku: Autumn Once More

Pengarang: Ilana Tan, Ika Natassa, dkk.

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: April 2013

Cerita pertama adalah cerpen dari Alia Zalea, menceritakan tentang seorang wanita yang memendam rasa pada seorang pria bernama Gonta. Si tokoh aku ini selalu stalking Gonta, dan saat salah seorang teman Gonta meninggal dunia, Gonta memeluknya sambil menangis, membuat si wanita terbang tinggi. Tapi, lagi-lagi ternyata semua itu hanya ilusi sang wanita, karena toh setelah itu tak ada apa-apa lagi. , malahan si Gonta menghilang pergi entah ke mana. Dan kemudian, di waktu selanjutnya si wanita dipertemukan lagi dengan Gonta. Jadi…? Bagaimanakah kelanjutan kisah mereka?

Cerita pertama adalah cerita tentang hal yang jamak terjadi di sekitar kita (yah aku juga). Bagaimana tahu seseorang, dan lalu mulai jadi teman di akun sosial media, lalu melihat-lihat akunnya. Ya kalau aku sih lebih realistis dibandingkan si tokoh utama, yakni kenal dulu, baru deh naksir. Jadi ngobrolnya di akun sosial media juga wajar. Tapi pernah juga sih, hanya lihat, belum kenal, lalu dengan pede memperkenalkan diri dan menambah si dia sebagai teman. Sebenarnya cerita-cerita kasih tak sampai, memendam perasaan seperti itu ada banyak sekali terjadi dalam kehidupan kita. Tentu biasanya ada aksi nyata.. dan pertemuan si tokoh wanita dengan Gonta setelah sekian lama semestinya membawa perkembangan yang menarik. Akan tetapi, mungkin karena ini hanyalah cerpen, maka kisah selanjutnya tak dikisahkan lebih mendalam.

Cerita lain yang berkesan adalah teman perjalanan selama 11 jam, di mana teman duduknya adalah kebetulan lelaki tampan, dan available. Ngobrol dengan teman sebelah yang menyenangkan dapat membunuh rasa bosan. Betul-betul pengalaman tak terlupakan. Tapi, tentu saja pengarang, Ika Natassa, tidak melulu menceritakan kisah ala Cinderela . Pertemuan itu terjadi begitu saja. Bertemu, lalu berpisah. Waktu yang sangat cepat.

Kita mungkin pernah atau bahkan seringkali mengalami kejadian serupa. Kita bertemu, ngobrol, berkenalan, dan yah, kita dapat chemistry ketika ngobrol, dan rasanya tidak ingin berakhir. Tapi, kebanyakan yang terjadi ya hanya berakhir begitu saja. Pun meski sudah saling bertukar nomor kontak, kadang-kadang tidak ada kelanjutannya lagi. Aku pun pernah mengalami hal yang mirip-mirip. Bertemu, ngobrol, merasa cocok, perpisahan yang terasa tidak ingin berpisah, sudah tukar nomor, tapi lalu tak ada kelanjutannya. Hidup pun kadang demikian, bertemu, dan hanya yah begitu saja. Ada pertemuan yang berkesan dan meninggalkan jejak di hati, tapi ada juga yang mudah dilupakan begitu saja.

Salah satu cerita yang manis datang dari Christina Juzwar, bagaimana sesuatu hal yang buruk menjadi manis. Lita, Haris dan Ares terjebak dalam lift dan itu hari pertama Lita bekerja. Lita pun menjadi dekat dengan Haris, tapi ternyata Haris tak sebaik yang dikira sebelumnya. Pada akhirnya, kisah terjebak dalam lift ini berakhir manis.

Cerpen dari Ilana Tan, Autumn Once More, adalah side-story dari Autumn in Paris. Cerita yang simpel karena hanya menceritakan sekelumit kisah mereka di Disneyland Paris. Tapi, tentu saja cerita antara Tatsuya dengan Tara Dupont sangat menarik untuk disimak.

Kalau cerita yang mengiris hati dibawakan dari cerpen Harriska Adiati dan Anastasi Aemilia. Keduanya kisah cinta yang kandas. Satunya cinta yang tidak bertepuk sebelah tangan, tapi terpaksa harus memilih dan meninggalkannya. Satunya lagi, kisah seorang anak muda yang hobi rokok, mabuk-mabukan, tapi naksir wanita alim anak Pak Haji.

Cerita cinta tak melulu mengenai tentang pria dan wanita, tapi juga ada kisah cinta dengan ibu, wanita yang berjasa sepanjang masa dalam hidup kita. Seorang Mita, wanita urban yang hidup pisah dari Mamanya meski satu kota, tiba-tiba harus menginap di rumah Mamanya karena Rani, kakaknya sedang di luar kota, untuk merayakan ulangtahun Mama. Mita yang semula dan biasanya tidak mau, akhirnya terpaksa menyanggupi. Mita yang biasanya bersikap jutek, dan sok tak peduli dengan Mamanya, akhirnya menyadari sesuatu. Salah satu kisah yang mengharukan.

Cerita-cerita dalam buku ini sangat manis, down-to-earth, dan kadang sering kita jumpai. Sesuatu yang tampak tidak penting, tapi ternyata menyimpan sesuatu di baliknya, atau ada kaitan dengan masa depan. Kumpulan cerpen ini menyajikan kisah yang manis, pahit, bahkan kocak, dan menyentil.  Terlebih lagi desain buku sangat menarik dengan gambar hati yang berlubang dan lapisan kertas glossy kuning di dalamnya. Yah, kayaknya sih desain kover dengan lubang lagi trend yah? Aku juga menemukannya di buku lainnya.

Overall, buku ini nggak rugi untuk dikoleksi buat temen minum kopi . Cheers!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s