Back-Up Web dengan HTTRACK


Sehubungan dengan adanya penggusuran besar-besaran oleh CEO Multiply, maka para MPers pindahan besar2an.. Ada 3 opsi yang dikemukakan si Multiply, pindah ke blogspot atau ke tumblr atau pakai Download-Them-All add-ons.

  1. Pindahan ke tumblr tidak saya sarankan karena hasilnya buruk banget. Tumblr hanya mampu memindahkan 100 postingan paling baru, dan itu smua jadi satu, mau itu link, video, foto, apa saja, tumah jadi satu di Tumblr. Sangat tidak direkomendasikan.
  2. Pindahan ke blogspot belum saya lakukan karena saya tidak punya blogspot. Berdasarkan kata salah seorang teman, Alifah bahwa proses dengan lumayan blogspot cepat. Mungkin kalau saya bandingkan yah lebih cepat Tumblr. Tapi saya tidak tahu hasilnya blogspot ini bagaimana. Silakan diliat sendiri di blognya.
  3. Oh ya, ada satu lagi cara yang ditawarkan Multiply, dengan Download-them-all. APlikasi ini perlu diinstall di firefox (atau chrome). tapi saat dijalankan saya rasa hasilnya tidak begitu bagus. Saya tidak melanjutkan untuk proses ini.
  4. Pindahkan melalui email. Nah cara ini diajakrkan oleh mas Bimosaurus akan tetapi, ukuran fotonya tidak bisa besar.
  5. Ada lagi, saya disarankan oleh Mas trie, untuk menjajal software buatan Mas Hidayat. Saya sudah mencoba tapi sungguh sayang. ERROR.
  6. Masih disarankan oleh Mas Trie, kalau mau download Video yang kita simpan di Multiply, gunakan versi mobile Multiply, lalu klik save as biasa. Video akan tersimpan dalam format 3gp. kalau mau simpan musik, tinggal pakai format biasa saja, klik download dan jadilah file Mp3 sudah bisa disimpan. Tapi ini satu-satu.
  7. Pakai Internet Download Manager. Di bagian atas ada grabber. Ini berguna untuk site-grabber. Tapi saya belum mencobanya.
  8. Gunakan aplikasi HTTRACK. Download software ini di sini. Software ini memungkinkan kita menyimpan file website dalam bentuk offline. Hasilnya bagus banget. Seperti yang aku harapkan. Ini previewnya.

(klik untuk memperbesar gambar)

 Jangan lupa Httrack ini kan website versi offline, jadi postingan yang khusus contact, personal, harus di-setting untuk everyone dulu. Sebab , karena kan ini cache berbentuk seolah kita orang luar yg melihat MP kita. Jadi kalau yang tidak diset everyone tidak akan ke-copy.Postingan draft juga harus dipublish dulu. Salah satu kekurangan Httrack adalah lamanya proses… saya melakukan proses ini dari sebelum dhuhur tanggal 27 November, hingga dini hari tanggal 27 November, hingga pagi ini tanggal 28 November  masih berlanjut….Dan kekurangan lain dari Httrack selain butuh bandwith internet yang besar (karena prosesnya sendiri lama) juga ternyata untuk memindahkan dari format lain susah (berdasarkan opini mas Bimo. Tapi kalo kata temenku, Vierda bisa dipindahin jadi format pdf. AKu belum mencobanya sih, karena emang tidak ada niatan untuk itu.

Software Httrack ini bisa digunakan tidak hanya untuk Multiply. Thanks for Vierda atas sarannya. Emang seperti inilah back-up yang aku pengenin.  Jadi kalau berdasarkan kebutuhan saya, yang tidak mau re-upload file isi Multiply di dunia maya yang lain, dan support untuk bandwith, yang paling bagus memang Httrack…

Iklan

2 thoughts on “Back-Up Web dengan HTTRACK

  1. sepertinya saya terlambat ya… hihi..

    baru saya selesai proses, silahkan unduh di: http://ge.tt/8NyvXUS

    mungkin sebagai penjelas, kalau import file RSS ini, hampir semua foto akan pindah ke server wordpress, jadi kita cukup cek2 aja ada gak foto yang gagal. Gagalnya karena di URL fotonya ada “%” jadi error.

    good luck 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s