Kenali minat dan…potensi???


Ngomong-ngomong tentang minat dan potensi, walaupun sekarang aku sudah kuliah, tetap saja bagiku belum jelas (minat dan potensiku). Memang aku ini makhluk yang serba tidak jelas.. hahh…

Iseng-iseng baca sebuah ebook yang bagiannya ada tulisan ini dan sepertinya mungkin aku coba menjawabnya

1. Mata kuliah apakah yang paling kamu sukai saat kamu duduk di bangku
kuliah? Silahkan buat daftar lima mata kuliah yang paling kamu sukai.

Jawab: Mata kuliah apaan ya? Nggak ada, mungkin? Waduh, gawat! Hahaha. Apa ya mungkin Manajemen Keuangan 1 dan 2, Teori portofolio dan analisis investasi, matematika ekonomi 2, etika bisnis, pengantar ekonomi, ekonomika manajerial, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan (Lhoh ternyata banyak juga ya? ahhahaha)

Topik lain di luar kuliah (kuliah non-kurikuler), bisa saja tentang ekonomi Islam. Ya, topik ini lumayan menarik, tapi tergantung temanya juga, sih. Ada yang temanya tentang produksi (macam permintaan penawaran), asuransi syariah, BMT, bank syariah, sejarah ekonomi islam, dll.

2. Pilih satu topik dari 5 mata kuliah itu yang menurut kamu paling menarik
dan sesuai dengan kemampuan kamu saat ini.

Jawab: Menarik? Apaan yah? Ya mata kuliah di atas ada yang menurutku gampang dan mudah dipahami sih, tapi belum tentu menarik, ya tergantung dosen juga sebenarnya.

Misalnya bahasa inggris, sebenarnya aku suka bahasa, tetapi yang bikin demen dengan kuliah ini adalah dosennya yang murah hati dan mengajarnya enak banget.

Kalau kewarganegaraan sebenarnya aku nggak suka, tapi nilainya gampang dan asalkan rajin masuk kuliah dan ikutan kuis, sih beres. Sebenarnya kuliah kewarganegaran bawaannya ogah-ogahan juga sih, mana aku juga suka sengaja dateng telat!

Kalau mata kuliah etika bisnis.. hmm seru sih, banyak hal yang bisa diperdebatkan di sini dan mengasah hati juga. Selain itu, dosennya, yang juga dosen pembimbing akademikku,  juga lucu. Dijamin sama beliau sih, bakalan ngakak sepanjang kuliah. Haha 😀 .

Untuk mata kuliah berbau ekonomi-ekonomi macam ekonomi pengantar atau ekonomika manajerial, sebenarnya kurang suka sih tapi menurutku mudah dipahami sekalipun nggak berangkat kuliah.

Untuk mata kuliah keuangan macam manajemen keuangan dan teori portofolio, ini sebenarnya karena sindrom cinta-pak-dosen. Pak Suad, nama beliau. Beliau menerangkan dengan runtut dan jelas serta mudah dipahami.Kalau semua mata kuliah keuangan beliau yang mengajar, dijamin bahagianya aku!

Mengenai topik ekonomi Islam, jelas yang paling menarik perhatian serta paling banyak kontroversial tentu dengan keuangan syariah-nya.. Yang namanya keuangan jaman sekarang, mana ada sih yang nggak pake bunga (yang selalu disebut haram karena bunga adalah riba).

Nah, mengenai masalah sesuai dengan minatku? Waduh aku nggak tau yang mana yang sesuai. Wehehehehe.:P

3. Apakah kamu mampu menguasai topik itu dengan baik?

Jawab: Nggak juga sihhhh… tepatnya tergantung juga. ya, bisa dibilang sih iya… apalagi kalau dosennya Pak Suad, wah dijamin aku menguasai dengan baik deh! Tapi kalau nggak dengan Pak Suad, mungkin aku kurang menguasai (nah ini kelemahan sindrom cinta-pak-dosen).

Untuk topik keuangan syariah….. tentu saja aku nggak terlalu menguasai dengan baik. Walaupun tentu ada hal-hal yang patut dikritisi (pada keuangan syariah, atau keuangan syariah dibandingkan dengan keuangan yang biasa dipelajari di bangku kuliah pasti ada perbedaan-perbedaan dan pertentangan konsep), tetapi tetap saja kadang-kadang aku belum mendapatkan jawabannya mengapa begini dan mengapa begitu.

4. Sanggupkah kamu untuk mempelajari hal-hal baru terkait dengan topik
yang kamu pilih?

Jawab: Sanggup nggak ya? Mengenai kesanggupan, sih, jelas  sanggup kalau … MAU. Hahaha! 😀 Ya iya lah semuanya bisa dilakukan asalkan ada kemauan.

5. Adakah teman atau dosen atau siapapun yang kamu kenal, yang bisa
memberikan masukan sesuai dengan topik yang kamu pilih?

Jawab: Ada sih.. mamaku.. dan teman-teman mamaku. hahahaha. selain itu ya chanel-chanel temen-temen semasa di organisasi dulu.

6. Bagaimana prospek topik yang Anda pilih itu? Apakah terus berkembang
mengalami penambahan, kemajuan dan perubahan ke arah yang lebih
positif?

Jawab: prospeknya sih cerah, ya. Karena keuangan syariah akan terus berkembang, apalagi kalau sekarang-sekarang ini makin kelihatan kelemahan-kelemahan sistem keuangan yang sekarang. Maka bisa jadi dong, akan ada sistem yang baru yang akan menggantikan.

Segitu dulu ya mungkin.. AKu bingung juga karena jawaban-jawabanku mungkin masih ambigu. Terlebih karena sebenarnya aku sendiri kurang berminat dengan kuliah-kuliahku. Aku pun nggak tau potensiku apakah bener-bener bidang keuangan atau bukan…. 😀

Iklan

2 thoughts on “Kenali minat dan…potensi???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s