10.000 Jam-ku?


Menurut buku Outliers (Malcolm Gladwell), orang-orang ahli itu biasanya telah menghabiskan 10.000 jam untuk berlatih dan menjadi ahli.

OK, well.

Sekarang aku jadi kepikiran: aku mau jadi apa/siapa? yang sehingga aku harus mengusahakan 10.000 jam dengan mencicil dari sekarang…

Saat ini aku kuliah di jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika&Bisnis. Yang namanya jurusan manajemen ,dibagi menjadi 4 konsentrasi: keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia (sdm).

Sejujurnya, tiada salah satu di antaranya yang aku sukai (oh,terus kenapa dong masuk jurusan manajemen?!?!), sehingga ketika aku memutuskan milih konsentrasi apaan, aku memilih: keuangan. Kenapa keuangan? Karena menurutku saat itu dan saat ini (juga) keuangan yang paling gampang dan mudah dipahami. Nggak kayak yang lainnya, semacam pemasaran dan sdm yang penuh dengan hapalan, atau operasi yang aku nggak ngerti sama sekali.

Waktu itu, tentu saja, aku cerita ke mamiku:

“Ma, aku nggak tahu nih mau masuk konsentrasi apa.. nggak ada yang aku sukai,”

“Ya pilihlah yang paling kamu sukai di antara yang tidak kamu sukai”

Dan demikianlah, aku memilih keuangan karena yang paling mudah dan aku paling paham. Tapi keuangan sebagai masa depanku? OH no. aku mungkin bisa pingsan memikirkannya.

Bayanganku, kerja di sektor keuangan itu pasti berkutat dengan laporan, angka, dan.. uang (tentu saja), tapi kadang ngeliat uang bisa jarang juga, dan tiba-tiba cuman liat angkanya doang.  Aku nggak seneng kerja seperti itu. Walaupun aku saat ini menikmati kuliah konsentrasi keunangan.

So, kerja apa yang aku inginkan? Aku jawab : aku nggak tahu!

What?Nggak tahu? Udah setua ini masih aja nggak tahu mau jadi apa? Heeeehhhh.. mungkin aku sedikit iri sama sepupuku di Jerman, yang udah satu tahun sekolah teknik mesin, lalu tahun kedua pindah ke fakultas kedokteran di universitas yang sama(tanpa ujian masuk ulangan).

Kalau aku bisa seperti itu, aku juga mau pindah ke fakultas kedokteran! Tapi yah di Indonesia mana mungkin lah. Mana bentar lagi aku udah mau lulus kuliah.

Nah, sekarang kembali ke topik awal. Aku di dunia ini mau jadi apa? Setidaknya, ada beberapa ketertarikanku mengenai topik/bidang berikut ini:

  • Manajemen Transportasi

Berawal dari kejenuhanku dan kebencianku akan keadaan jalan di INdonesia ini. Macet, polusi dan miskin transportasi umum. Aku benci keadaan ini dan aku bener-bener kesal. Oleh karena itu, kadang-kadang kalau nggak ada apa-apa aku lebih milih di rumah saja. AKu sangat iri sekali dengan keadaan Transportasi di Luar Negeri. Tengoklah Malaysia atau Singapura, yang mana jalan-jalan di tempat mereka sangatlah tersusun rapi.

  • Manajemen Rumah Sakit

Alhamdulillah aku nggak pernah masuk Rumah Sakit karena rawat inap! Haha. Entah karena aku terpengaruh dengan komik-komik kedokteran yang sering aku baca (Godhand Teru, Say Hello to Black Jack) dan film-film kedokteran (Team Medical Dragon), aku bermimpi bahwa Rumah Sakit tidak hanya untuk si kaya. Rumah sakit tujuannya bukan mengeruk keuntungan, tetapi menolong orang sakit supaya sembuh. Aku lihat keadaan di Indonesia belumlah ideal ketika si miskin masuk RS.

  • Petualang&penulis

Aku suka jalan-jalan dan menulis. Kadang-kadang, kalau lihat National Geographic, aku suka ingin menjadi wartawan yang meliput suatu tempat. Sungguh menyenangkan, tentunya!

  • Bisnis kuliner

Aku suka masak, walaupun aku bukan orang yang ahli sih. Tapi kadang-kadang kepikiran untuk buka catering atau restoran. Pengen sih. Tapi aku masih mikir-mikir juga, apakah kemampuan memasakku mau aku dalami lagi yah?

Yah sampai saat ini aku masih bimbang dan nggak tahu waktu yang ada sekarang , yang mau kutabung agar menjadi 10.000 jam, akan kugunakan untuk apa melatih kemampuan apa…..? Aku belum memutuskan akan ahli di bidang apa…

4 thoughts on “10.000 Jam-ku?

    • wah tika emang bener2 keuangan tulen.. nek ak, keuangan kok ky mung nggo seneng2 yo…ak ra pengen kerja bidang keuangan…
      pns nyambi usaha kuliner tik? pengen bukak resto apa, tik? klw dah grand opening ak diundang lho ya.. heheheh 😀

Tinggalkan Balasan

