Pour Elle


Festival Film Prancis telah tiba! Asik! Alhamdulillah aku dapatkan tiketnya untuk festival ini, dan Pour Elle adalah salah satu film bagus yang aku tonton!

Pour Elle, atau judul bahasa Inggrisnya adalah “Anything for Her”.

cover film

pour elle

Ceritanya adalah seorang lelaki bernama Julien (Vincent Lindon), seorang guru bahasa, yang istrinya, Lisa (Diane Kruger) dipenjara. Mereka memiliki anak kecil bernama Oscar. Lisa dipenjara atas tuduhan pembunuhan dan rencananya penjaranya akan dipindahkan (atau pindah ke pusat rehabilistasi gitu ya?). Julien berusaha untuk menggunakan pengacara, tetapi tidak bisa karena waktunya cuma 3 hari. AKhirnya ia merencanakan sesuatu hal gila: penyelamatan istrinya dari penjara, kemudian melarikan diri ke luar negeri dan hidup bertiga bersama. Semua rencananya ia tuliskan di tembok, jadilah tembok penuh foto-foto, tulisan, dan coret-coret rencananya.

Aksi Julien inilah yang sepanjang film diceritakan. Bagaimana ia mengelabui kepolisian dengan data istrinya, bahwa istrinya harus dirawat di RS  sehingga ia bisa meloloskan istrinya di RS, kemudian ia mencari uang dengan cara-cara yang tidak baik (mencuri, membunuh, merampok), anakya ia titipkan kepada orangtuanya sementara ia melakukan aksinya.

Begitulah.. ceritanya menegangkan, bagus, dan menyentuh… Bagaimana sebenarnya Julien adalah manusia biasa yang menginginkan kebahagiaan dengan hidup normal bersama keluarganya. Sang polisi yang memburu Julien mengatakan bahwa Julien memang lelaki biasa, ketika ia menyusun kembali potongan-potongan tulisan, foto, gambar rencana penyelamatan Julien yang ditemukan polisi di tong sampah…

Salah satu quote yang aku sukai: “Melarikan diri itu mudah, tetapi menjaga agar kita tetap bebas itulah yang sulit.”

Kata-kata Julien ini diucapkan ketika mereka sekeluarga telah sampai di San Salvador..

Ngomong-ngomong film ini katanya dibuat ulang pada tahun 2010 dengan judul “The Next Three Days”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s